Apa sih jurusan Hubungan Internasional tuh?

 Hai para pembaca! Kali ini mari membahas mengenai bidang studi Hubungan Internasional. Sebenarnya apa sih bidang studi Hubungan Internasional ini? Apa yang dipelajari oleh HI? Bagaimana prospek masa depan dari sarjana HI? Mungkin kali ini saya akan menjelaskan mengenai studi Hubungan Internasional terlebih dahulu.
Studi Hubungan Internasional atau yang kerap kali kita kenal dengan nama HI adalah sebuah bidang studi yang mempelajari mengenai hubungan antara aktor internasional. Apa sih aktor Internasional itu? Aktor internasional terbagi menjadi 2 yaitu aktor negara dan aktor non-negara. Aktor non-negara adalah organisasi-organisasi internasional. Jadi studi Hubungan Internasional singkatnya mempelajari mengenai interaksi antara aktor internasional. Saat ini di Indonesia sendiri sudah banyak universitas yang memiliki program studi Hubungan Internasional. Jika teman-teman bingung maka saya akan jelaskan mengenai bidang studi hubungan internasional ini berdasarkan dari pengalaman saya sendiri.

  • Dalam prodi HI sebenarnya kita tidak memiliki sebuah ilmu yang benar-benar kita dalami. Karena seorang mahasiswa HI mempelajari hampir semua ilmu yang terdapat dalam lingkup sosial humaniora. Dalam bidang studi HI terdapat ilmu ekonomi, hukum, budaya, bahasa, politik, dan komunikasi. Tentu kajian-kajian ilmu tersebut akan dihubungkan dengan HI, contohnya ekonomi yang akan mempelajari ekonomi politik global ataupun hukum yang akan mempelajari hukum internasional.
  • Apakah anak HI harus jago bahasa inggris? Pertanyaan ini sudah menjadi sebuah stereotype yang mendalami jiwa dan raga dari mahasiswa HI. Sebenarnya seorang mahasiswa HI tidak dituntut untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris diatas rata-rata untuk memasuki program studi HI sendiri. Namun.... tentu seorang mahasiswa HI harus menguasai Bahasa Inggris saat mereka sudah lulus dari pendidikan universitas. Selain itu juga seorang mahasiswa HI akan mendapatkan kelebihan jika dirinya bisa bahasa asing lainnya diluar bahasa inggris. Jadi apa calon mahasiswa HI harus jago bahasa Inggris? tidak juga ko, tapi apakah seorang lulusan HI harus jago bahasa Inggris? Tentu karena hal ini akan sangat dibutuhkan. Bukankah di era revolusi industri 4.0 seperti ini semua orang dituntut untuk menguasai bahasa Inggris?
  • Anak HI nanti lulus jadi diplomat? Hohoho menjadi seorang diplomat tidak semudah itu kawan... Jika dilihat secara statistik maka perbandingan antara diplomat yang dicari oleh Kementrian Luar Negeri dengan jumlah lulusan HI sangat kecil rasionya. Dalam setahun Kemlu tidak menerima lebih dari 100 orang baru untuk menjadi seorang diplomat sedangkan kampus saya  saja jumlah mahasiswa satu angkatan nya lebih dari 100 orang. Jika dilihat total semua lulusan mahasiswa HI dan prodi lainnya yang mendukung maka rasio seorang mahasiswa HI untuk menjadi diplomat sebenarnya sangat kecil.
  • Terus kerja apaan dong? Mahasiswa HI akan menjadi seorang lulusan yang multitalenta. Karena pendidikan mereka tidak terbatas dalam satu bidang studi saja. Walaupun bidang studi lainnya hanya membahas secara konseptualnya saja namun ini akan membantu mereka untuk mendalami bidang studi tersebut. Sehingga karir yang dimiliki oleh seorang lulusan HI sebenarnya sangat luas mulai dari public relation, reporter, politikus, penulis, aktivis LSM, analis, dan masih banyak peluang lainnya. Jadi jangan hanya terpatok untuk menjadi diplomat saja ya...!
  • Gimana sih kuliahnya? Untuk saya sendiri di Universitas Padjadjaran mendalami bidang studi HI adalah sebuah hal yang mengasyikan. UTS dan UAS tertulis adalah sebuah kelangkaan bagi kami, ingat kondisi ini akan berbeda pada setiap universitas. Tugas-tugas kuliah yang kami kerjakan akan seputar fenomena internasional dan dengan bentuk tugas berupa artikel maupun presentasi. Analisis adalah sebuah kemampuan yang akan berkembang saat teman-teman mulai mendalami bidang studi HI. Karena analisis adalah sebuah senjata utama yang dimiliki oleh mereka yang mendalami bidang studi HI. Jika seorang mahasiswa HI tidak bisa melakukan analisis maka sungguh merugikan bagi mereka.
Mungkin segitu dulu penjelasan saya mengenai bidang studi Hubungan Internasional. Jika ada pertanyaan-pertanyaan ataupun permintaan untuk pembahasan sesuatu silakan ajukan di kolom komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paquete Habana Case: Sebuah bahasan hukum internasional

Apa yang dimaksud dengan Authority atau Wewenang